Definisi Perguruan Tinggi Idaman



Perguruan Tinggi Idaman
, semua orang pasti mencarinya....!!!, apalagi buat anak yang baru selesai lulus SMA (SEKOLAH MENENGAH ATAS) dan ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. Pasti mencari yang namanya Perguruan Tinggi Idaman, Demi kesuksesan masa depannya. Apalagi sekarang banyak Perguruan tinggi bermunculan. Nah permasalahannya sekarang,!! apakah Semua siswa lulusan dari SMA atau semua orang yang ingin melanjutkan perguaruan tinggi, sudah mengerti Apa yang dimaksut Perguruan Tinggi Idaman??????

Di kesempatan kali ini si Go blog mau memberi penjelasan, atau mendefinisikan apa yang dimaksut dengan perguruan Tinggi Idaman. Simak baik-baik....!! yang sudah mengantuk, cuci muka dulu..!!! tau minum kopi.. disuruh pergi dulu ngantuknya!!!!!! soalnya Masa depan anda ada di depan mata anda...!!!!! kalau ngantuknya sudah hilang, ayo kita mulai...!!

Definisi Perguruan Tinggi Idaman, Perguruan Tinggi sendiri memiliki makna yaitu satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut Dosen. Perguruan tinggi ini di tempuh setelah kita menjali proses belejar di SMA/ SMK atau sederajatnya. sedangkan kata Idaman sendiri yang menurut kamus besar Bahasa Indonesia berasal dari Kata Idam yang mendapat akhiran -an yang berarti sesuatu yg didambakan (diharapkan) atapun di cita-citakan.
jadi Perguruan Tinggi Idaman itu: satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi yang didambakan (diharapkan) oleh banyak orang.

Dari sini kita bisa memberi kesimpulan bahwa Perguruan Tinggi Idaman itu, tergantung siapa yang mendambakannya???? semisal ada seorang siswa sebut saja si A, B dan C. Kemungkinan besar ketiga anak tersebut memiliki perguruan tinggi Idaman Sendiri-sendiri dan semuanya pasti berbeda. sedikit cerita ya, suatu hari setelah jam kuliah selesai, saya bertanya kepada beberapa mahasiswa dengan pertanyaan yang sama. Peguruan Tinggi Idaman kamu seperti apa? dan contohnya apa?, dan jawabannya semuanya berbeda-beda... ada yang menyebutkan Bagaimana kualitas kampusnya, Bangaimana keluaran mahasiswa yang dihasilkan dari kampus itu, dan ada juga yang bilang biayanya gimana?. contohnyapun berbeda-beda. oleh karena itu saya menyimpulkan Perguruan Tinggi Idaman itu, tergantung siapa yang mendambakannya????.

Kalau Perguruan tinggi idaman si go blog sendiri yaitu apabila si go blog berada suatu perguruan tinggi dia merasa nyaman dengan keadaan yang ada dan bisa mengembangkan apa yang si go blog bisa demi mengpai cita-citanya. dan selalu mendapat bimbingan baik secara lahiriah maupun batiniah.

suatu perguruan Tinggi itu harus memiliki beberapa Tujuan penting untuk mahasiswa antara lain:
  1. Menyiapkan seseorang yang cakap dan luas serta tinggi kepahamannya tentang Agama rajin beramal dan berbakti kepada masyarakat berdasarkan taqwa, untuk menjadi anggota masyarakat yang berilmu.
  2. Mengoptimalkan potensi pikir dengan meningkatkan pengetahuan peserta didik agar dapat meningkatkan kemampuan mereka sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitarnya.
  3. Mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip pendidikan berbasis luas dan berkompetensi, dengan mengoptimalkan pemanfaatan, sumber daya alam dan lingkungan.
  4. Menumbuhkan bakat pencipta lapangan kerja dengan bekal ketrampilan, dan keahlian yang dia miliki.
Penjelasan:
  1. Suatu Perguruan tinggi itu harus mampu menyiapkan seseorang atau anak didik yang cakap dan serta tinggi kepahamannya tentang agama. Karena sekarang banyak sekali orang pandai tentang ilmu akademik, dan dengan kepandaiannya dia mungkin melakukan tidakan yang salah sasaran dikarenakan tidak faham tentang agama. ex: seorang korutor, dia sudah sangat menguasai mengenai ilmu akadamik sampai dia menjabat menjadi direktur dll. tapi karena kurangnya ilmu agama, mencari uang dengan jalan pintas dengan Korupsi. Maka dari itu ilmu agama itu juga sangat penting untuk semua perguruan tinggi.
  2. Yang satu ini jarang sekali dilakukan oleh Perguruan Tinggi, sering kali saya melihat hanya mementingkan akademiknya, padahal nilai sosial itu sangat penting. Karena kita itu hidup di dalam masyarakat, kalau akademinya yang bagus, tetapi sosialnya kurang. semuanya tidak berarti apa-apa. ex: lulusan fakultas pertanian, karena sosialnya di masyarakat kurang dia sehari-harinya pengangguran sana-sini. Padahal lulusan fakultas pertanian sangat penting bagi masyarakat, mungkin memberikan ide-ide baru mengenai pembibitan, pemupukan dan lain-lain. Dikarenakan kurangnya sosial ya seperti itu. dia memilih sebagai pengangguran yang kerjaanya cuman jalan kesana-kemari tanpa ada tujuan.
  3. Suatu Perguruan Tinggi yang mendidik seseorang anak didiknya untuk memanfaatkan lingkungan sebagai sumber pendidikan. Belajar dari alam sekitarnya, memahami lingkungannya. dsb ex: seorang mahasiswa seharusnya mengerti tentang lingkungan disekitarnya, yang tadinya rosokan cuman dibuang ke kotak sampah, kita daur ulang kembali. atau daun-daun yang tadinya cuman di buang di kotak sampah, dia manfaatkan kembali sebagai pupuk kompos. seharunya kan itu yang dilakukan, dan memberi tau kepada masyarakat sekitar, jadi Ilmu itu sangat berfungsi untuk semuanya.
  4. Lulusan dari suatu Perguruan Tinggi, seharusnya tidak mencari kerja. Akan tetapi menciptakan lapangan pekerjaan. dan membuka Lapangan pekerjaan buat masyarakat-masyarakat sekitar, yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia, itu yang sangat diharapkan untuk lulusan-lulusan dari perguruan tertinggi tertentu. ex: Banyak sekarang di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Bandung. para pemuda membawa stopmap jalan kesana kemari. melamar pekerjaan. dan terkadang samapi di tolak beberapa kali masih diulangi kembali. seharusnya, dia manfaatkan Ilmunya untuk membuat lapangan pekerjaa sendiri dengan apa yang di a mampu.kemudian dia membuka lapangan pekerjaan.

Jadi, Kesimpulan dari ulasan si g0 Blog adalah Perguruan Tinggi Idaman itu, tergantung siapa yang mendambakannya????. dan suatu Perguruan Tinggi Itu Memiliki beberapa tujuan yang jelas Untuk para mahasiswa yang bersifat mendukung dan positif

Tetapi ingat, setiap perguruan tinggi pasti memiliki kelebihan masing-masing dan mempunyai kekurangan. semua yang ada didunia pasti ada dua hal tersebut, kalau tidah percaya anda teliti sendiri setiap pergutuan tinggi, ehehehe...!!!! Jadi Pilihan ada di Tangan Anda


Nb: * Artikel ini khusus dipersembahkan untuk lomba Blog Universitas Islam Indonesia UII

13 comments:

masifud said...

mantabs atas inpona :D

sosial seni budaya bisnis said...

perguruan tinggi sebenarnya sih sama aja....kalo masih di indonesia..kurikulumya pasti sama...

jadi tergantung yang kuliah nya ye sob...

ingat ..yang penting mahasiswa jangan mulu demon....

mending menempa diri aja demi masa depan yang lebih baik...

Go Blog said...

@mas ifud: hehe yoyoi sob....

@sosial budaya: nah itu dia sob.. kalau bisa kita tingkaykan kembali, gimana caranya agar kulikulum di indonesia tidak seperti itu... hehhehe

ya emang bener banget sob, semuanya tergantung sma Yang kuliah..hehehe

hendro said...

yang penting dalam pemilihannya sesuai dengan minat kita,sesuatu yang kita sukai pasti asik untuk di jalani

Go Blog said...

@hendro: boleh Om pendapatnya... masukan yang sangat bagus...

Setiap kita punya minat dan kita suka akan hal itu pasti mantab...........!!!!

Muchlisin said...

Terima kasih kunjungan dan komennya. Salam ukhuwah. Semoga semakin banyak perguruan tinggi idaman di Indonesia. Semoga sukses juga dalam Lomba Blog Universitas Islam Indonesia UII ini. Semangat!

imam77 said...

Sukses Terus y sob!!
thx for info!!

Khayra Khairina said...

Perguruan tinggi idaman........hem, topik menarik buat diperbincangkan,,,,,,menurut Q pribadi, perguruan tinggi idaman adalah sebuah perguruan tinggi dimana semua mahasiswanya tidak hanya dapat ilmu.......tapi juga skill....
Trus lingkungan yang mendukung.....
Biaya yang terjangkau.....
Status sosial yang merata......
Buanyak dech, pastinya semua orang punya minat dan harapan yang berbeda2.....tapi ya tetap ajah, no fighting....oke...just keeping peacefulness...

Salon Oyah said...

Mampirr, slm knal yaaa... please follow me, I'll follow u + tar aq taro link u di Friends' Links q ... tq

gooo blog said...

Artikelx bagus mas....

salam kenal yagh....

$4n4 r14u said...

nek sukses jo lalai karo koncone

Go Blog said...

Tanks For all Komentator

saidiblogger said...

Artikelnya menarik mas.. komentari perguruan tinggi idaman saya juga yah..

Post a Comment

Silahkan Untuk teman-teman yang sudah berkunjung untuk meninglakan jejak kakinya di sini dengan kritik atau saranya....... terimakasih sebelumnya,